Rabu, 02 November 2011

MAZHAB ADZHIRI


A.    TEMPAT KELAHIRANNYA
Beliau dilahirkan di kuffah pada tahun 202 H, dengan nama abu sulaiman daud ibn ali al-asbahani yang kemudian di kenal dengan sebutan daud ad-dzahiri, karena beiaulah pendiri madzhab ini.
Mula-mula beliau bermadzhab syafi'i dan amat teguh memegang hadits, sedang ayahnya bermadzhab hanafi namun pada akhirnyaa beliau menentang madzhab syafi'i karena syafi'i mempergunakan qiyas dan memandangnya sebagai sumber hukum. Daud pernah berkata: " saya telah mempelajari dalil-dalil yang dipergunakan oleh asy-syafi'i untuk menentang istihsan, maka saya dapati bahwa dalil-dalil tersebut membatalkan qiyas.
B.     METODE PENETAPANNYA
Beliau berpendapat, bahwa nash-nash yang dipergunakan oleh ahlur ra'yu dalam memandang qiyas sebagai dasar hukum, adalah berguna di waktu tidak ada sesuatu nash dari kitabullah atau sunnah rasul dan beliau berpendapat, bahwa apabila kita tidak memperoleh nash dari al-qur'an dan sunnah, maka hendaklah kita memusyawarahkan hal itu dengan para ulama, bukan kita berpegang kepada ijtihad sendiri.
Madzhab beliau ini di kenal dengan nama madzhab ad-dzahiri, karena beliau berpegang kepada dzhahir al-qur'an dan assunnah, tidak menerima ada ijma' kecuali ijma' yang diakui oleh semua ulama. Walaupun madzhab ini pada dasarnya berpegang pada dzahir nash, tetapi kita dapat menjumpai beberapa teori barat, karena dalam madzhab inilah kita jumpai pendapat yang menetapkan bahwa istri yang berharta wajib menafahi suaminya yang fakir.
C.     PERKEMBANGAN FIQIH DZAHIRI
Kita dapat menyantakan bahwa fiqih daud adalah fiqih nushush (fiqih hadits) tetapi para ulama tidak banyak meriwayatkan madzhab ini.
Hal ini mungkin disebabkan oleh karena daud menyalahkan orang yang memakai qiyas dan menegaskan bahwa al-qur'an itu adalah makhluk dan orang yang berjunub atau haidh boleh menyentuh al-qur'an dan membacanya. Beliau mengumandangkan ini ketika para ulama di masa itu menyalakan golongan yang menyatakan al-qur'an itu makhluk.
Diantara prinsip daud yang di cela orang adalah, daud melarang talqid untuk siapa saja dan membolehkan orang yang mengetahui bahasa arab memperkatakan agama dengan memegang kepada dzahir al-qur'an dan assunnah.
Inilah sebabnya para ulama di masa itu sangat keras menentangnya hingga pendapatnya dianggap tidak ada.
Tetapi walau bagaimanapun kerasnya sikap ulama terhadap daud, namun madzhabnya berkembang di timur dan barad dengan prinsip mengambil dzahir al-qur'an, di bagan timur pada abad ke tiga dank e empa perkembangannya melebihi perkembangan madzhab ahmad.
Baru abad ke lima berkat usaha ibnu ya'la'. Maka madzhab ahmad mempunyai kedudukan yang kuat dan mengalahkan madzhab dzahiri. Pada masa sinar cahaya madzhab pudar di sebelah tmur, pada  masa itulah dia bersinar kuat di andalus, di pancarkan oleh ibnu hazm, jadi sewaktu madzhab hambali dengan usaha abu ya'la mengalahkan madzhab daud di bagian timur, pada waktu itu pulalah ibnu hazm memancarkan sinarnya di bagian barat.
Dalam beberapa hal madzhab dzahiri menyalahi pendapat para fuqaha' lainya, diantaranya yaitu:
1.      dzahiri berpendapat bahwa air yang bercampur dengan air seni manusia,
2.      orang yang tidak berwudhu, orang junub, orang yang sedang haidh,
3.      dalam memahami hadits
4.      menurut dzahiri, seorang istri yang mampu (kaya)

3 komentar:

  1. Baccarat, Slots, and Poker in 2021 - FEBCASINO
    Baccarat is the game of choice for players in online casinos around the world, septcasino where หารายได้เสริม players can 바카라사이트 try their luck, and get a high win rate.

    BalasHapus
  2. Gambling in casinos - Dr.MCD
    It's always fun to 하남 출장샵 gamble online, or 남양주 출장안마 gamble at local casinos. 천안 출장샵 Gambling online 서귀포 출장마사지 is normally pretty solitary when 포항 출장마사지 it comes to the  Rating: 4.8 · ‎29 reviews

    BalasHapus